Hal yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Cours (Season Anime)

Sudah tahu apa itu Cours? Sebelum langsung ke topiknya, kamu harus mengetahui dulu apa sih Cours yang ada dalam perindustrian Anime? jawaban: Cours adalah sebuah kata yang digunakan untuk menggambarkan rentang episode anime selama siaran TV Jepang awal mereka. Satu cour berjalan selama tiga bulan dan biasanya terdiri dari antara 10 sampai 14 episode dan terkadang akan berisi musim/(season) penuh jika musimnya cukup pendek. "Season" di industri anime Jepang memiliki istilah sendiri yaitu "ki" dan "cours" adalah subset dari "ki/season" berbeda dengan season di kebanyakan negara barat yang biasanya berjumlah 24 episode (6 bulan).

Hal yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Cours (Season Anime)
Kru dari Shirobako yang sedang melihat hasil kerja mereka.

Topik kali ini mungkin tidak terlalu penting, tapi ini adalah sesuatu yang setiap anime (TV) miliki dari awal sampai akhir, jadi inilah semua yang perlu kamu ketahui tentang mereka.

"Cour" mengacu pada periode penayangan dan hanya berlaku untuk serial TV. Satu cour adalah satu musim anime nya ditayangkan yang berarti memakan waktu tiga bulan (untuk 10 sampai 14 episode). Meskipun kata-katanya tidak terkait, mungkin berguna untuk menganggapnya sebagai suku kata pertama "kuartal" karena mengacu pada seperempat tahun waktu tayang. Judul 91 Hari mungkin merujuk ke 91 episode 13 episode yang dibutuhkan asalkan tidak ada acara olah raga atau keadaan yang tidak terduga untuk memperlambatnya. Jika satu tahun adalah 52 episode, ini berarti seperempatnya akan menjadi 13 episode, tapi biasanya ada yang lebih atau bahkan kurang dari 13 episode.

Saya bisa mengerti jika pada awalnya ini agak membingungkan, karena Black Rock Shooter, dengan 8 episode dan The Disappearance of Yuki Nagato, dengan 16 episode, keduanya akan dianggap satu oleh kebanyakan orang meskipun satu dua kali lebih lama dari yang lain.

Zaman dulu, anime akan mengambil waktu istirahat yang lama tanpa merusak anime menjadi musim yang terpisah; meskipun The Big O mengambil panjang 14 cours untuk tayang tapi hanya benar-benar ditayangkan untuk dua dari anime dan harus dipandang sebagai anime 2 cour.

Katanagatari memiliki 12 episode, masing-masing berumur 50 menit, tapi hanya merilis satu episode setiap bulan jadi anime 4 cour. Chi's Sweet Home memiliki 104 episode panjang, masing-masing berdurasi 3 menit, dan empat episode dilepaskan setiap minggu jadi ditayangkan lebih dari enam bulan sehingga menghasilkan anime yang sedang berlangsung. Putri Tutu memiliki 14 episode berdurasi 24 menit dan 24 episode untuk 12 menit. Ini ditayangkan selama empat musim membuatnya menjadi anime 4 courting meski memiliki panjang yang sama dengan anime 2 cour.

Anime dengan episode pendek seperti Teekyuu masih sama besarnya dengan biaya yang mereka emban saat penayangan. Kekkai Sensen dimaksudkan untuk menjadi anime 1 cour tapi episode terakhir ditunda sampai musim berikutnya. Meski butuh dua musim untuk tayang itu masih satu anime saja.

Kiss x Sis (OVA), Flag (ONA), dan Magic Kaito (Special) semuanya berdurasi 24 menit per episode dan memiliki 12 atau 13 episode seperti satu anime cour tapi jangan salah paham, karena mereka bukan tipe anime TV dan tidak memiliki jadwal penayangan reguler., mereka tidak dianggap memiliki "cours." Magic Kaito ditayangkan di TV, tapi disiarkan sebagai serial spesial dan tidak ditayangkan pada satu episode per minggu.

Hal yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Cours (Season Anime)

Anime yang terbagi menjadi beberapa season (musim) terpisah terkadang diperlakukan sebagai lebih dari satu anime. Contoh yang berlawanan adalah Kirarin☆Revolution, sebuah anime tunggal yang memiliki 153 episode, yang membuatnya menjadi 12 bahasa. Di sisi lain, Pretty Rhythm: Aurora Dream serta sekuelnya Dear My Future dan Rainbow Live masing-masing berjumlah 51 episode hingga 153 episode... tapi mereka adalah tiga anime cour yang terpisah.

Kembali ke anime modern, produsen harus memilih slot yang ditayangkan sehingga sedikit banyak melewati batas cour (jumlah cours x 13 episode) akan menjadi masalah. Lebih aman untuk merilis sebuah pertunjukan sebagai satu atau dua anime dan kemudian melepaskan sisanya sebagai OVA atau ONA jika mereka membutuhkan lebih banyak waktu. Gekisou! Rubenkaiser dengan baik menayangkan 17 episode di TV selama periode tayang biasa kembali pada tahun 1977 sementara Kokoro Connect dari tahun 2012 harus menggunakan spesial untuk menayangkan 4 episode terakhir dari 17 episode. Tentu saja, ini bukan satu-satunya alasan untuk menayangkan anime seperti ini, tapi anime yang lebih tua cenderung menempelkan satu format saat menceritakan kisah mereka.

Episode panjang juga bisa dimanipulasi untuk menceritakan kisah lengkapnya dalam jumlah episode yang dimiliki. Mirai Shounen Conan dari Nippon Animation hanya memiliki 26 episode namun, episode nya masing-masing berdurasi 29 menit, berisi lebih banyak konten daripada anime episode 26 yang khas. Nippon Animation melakukan banyak hal menarik dengan cours. Mereka akan membuat sejumlah anime 3 cour (30-43 episode) dan, karena mereka mengadaptasi banyak novel, sepertinya mereka menggunakan jumlah waktu yang tepat yang diperlukan untuk menyesuaikan dengan benar novel tersebut. Kembali pada hari itu, mereka menayangkan satu adaptasi semacam itu setahun sekali, jadi mereka selalu membutuhkan waktu setahun penuh untuk menyiarkannya tanpa memperhatikan panjang anime. Ini berarti bahwa, menurut kamus lama, mereka berkisar dari 2 sampai 4 cour tapi itu semua adalah 4 cour anime.

Ini bukan praktik yang biasa, tapi ada anime yang ditayangkan lebih dari satu episode dalam seminggu. Massugu ni Ikou. menayangkan 4 episode selama 4 hari. Flowering Heart menyiarkan dua episode setengah minggu, membuatnya agak seperti anime satu agensi meski memiliki 26 episode. ReLIFE mengambil langkah ini lebih jauh saat menayangkan 13 episode pada hari yang sama.

Kita mungkin menganggap anime sebagai 12 atau 13 episode, tapi sama pentingnya mengetahui mengapa mereka tahu dan mengapa terkadang tidak. Meskipun penggemar anime menggunakan istilah "split-cour" untuk merujuk pada anime yang segmennya terpisah oleh satu musim tayang, banyak yang masih menggunakan kata hanya untuk merujuk ke panjang sehingga tanggal tayang tidak boleh seperti yang kamu lihat. ketika seseorang meminta anime di bawah dua cours.
rettaMoN
rettaMoN

a successful person becomes unemployed

Artikel Terkait

Baca Juga Artikel Ini

Loading...

0 Komentar